Pentingnya Mengatur Keuangan




Semenjak memutuskan berinvestasi dipasar saham, aku mulai berusaha mengatur keuangan secara maksimal demi tujuan keuangan yang jelas dimasa depan. tentunya niat baik ini aku dapatkan dari riset mandiri lewat video youtube maupun tulisan-tulisan di blog mengenai pentingnya memanage uang. nah kali ini aku bakalan share apasaja yang aku buat dan lakukan untuk memanage keuangannku.

1. Mencatat Aset Kekayaan.
    Langkah utama yang aku lakukan adalah mencatat aset kekayaan pribadi yang aku punya mulai dari harta yang berbentuk uang maupun barang yang dimiliki yang tentunya mempunyai nilai ekonomis. hal ini penting agar kita bisa mematok keuntungan dan memikirkan hal-hal apa saja yang dapat memperlabakan harta kita dan juga agar kita dapat mempergunakannya dengan bijak berdasarkan prinsip pengeluaran yang tidak berlebihan.

2. Mencatat Semua Pemasukan Dan Pengeluaran.
    Pencatatan pemasukan dan pengeluaran sangat berguna untuk memberikan informasi tentang banyaknya uang yang masuk dan yang keluar. sebenarnya hal ini sangat simple karena bisa ditulis dan dibuat dimana saja tapi sulit dilakukan karena pola pikir yang dangkal mengenai uang sebagai sesuatu hal yang bisa dicari dan dikejar dan mindset ini dulunya selalu aku agung-agungkan untuk justifikasi sifat boros dan hedonis. fungsi utama dari mencatat semua pemasukan dan pengeluaran untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu dan memastikan pemasukan utama dalam aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Identifikasi Pengeluaran Rutin Bulanan dan Tahunan.
    Pentingnya mengetahui dan mengenal pengeluaran tiap bulan sangat penting untuk memaksimalkan pemasukan yang dimiliki dan meminimalisir pengeluaran yang tidak penting, sehingga keuangan bisa teratur dengan baik dan dialokasikan untuk hal-hal tertentu seperti pendidikan, anak, maupun kesehatan yang memerlukan biaya yang cukup besar.

4. Menyusun Rencana Pengeluaran (Budgeting)
    Dilakukan dengan cara membedakan kebutuhan dan keinginan dan meprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu dari keinginan.

5. Menabung Secara Perodik

6. Perencanaan Program Keuangan Masa Depan
    Seperti dana pendidikan anak, dana pensiun maupun tujuan properti lainnya.


Sekian Tips Mengatur Keuangan
Next Blog Tentang Investasi Saham

Komentar