Speciesism


Banyak banget alasan orang untuk menjadi Vegan salah satunya karena peduli dan cinta terhadap hewan, meaning dari cinta hewan disini adalah tidak berlaku kasar ataupun membunuh individu hewan tersebut.

Hewan sejatinya adalah individu yang menurutku punya feeling dan instinct yang kuat dan itu yang ngebedain antara hewan dan tumbuhan, sometimes bnyak orang diluar sana yang mengklaim bahwa mereka adalah pecinta hewan like tergabung dalam komunitas pecinta kucing ataupun komunitas pecinta anjing dan kebanyakan dari orang- orang itu memakan hewan juga i mean mereka emang nggak makan anjing ataupun kucing tapi mereka makan hewan yang dianggap makanan like sapi, babi, ayam etc.

Hal Inilah yg dinamakan speciesism, pengertian dari Speciesism  or specism is a form of discrimination based on species  membership.It involves treating members of one species as morally more important than members of other species even when their interests are equivalent.More precisely, speciesism is the failure to consider interests of equal strength to an equal extent because of the species of which the individuals have been classified as belonging to.
Atau dapat diartikan pemberian nilai, hak atau pertimbangan khusus terhadap individu-individu yang didasarkan pada spesies mereka. Istilah ini kadang-kadang digunakan oleh pejuang hak-hak hewan yang mengklaim bahwa spesiesisme merupakan prasangka yang serupa dengan rasisme atau seksisme. Mereka mengklaim bahwa spesies suatu individu seharusnya tidak mengubah perlakuan moral terhadap individu tersebut.

Anyway sebelum aku memutuskan untuk menjadi vegan aku adalah orang yang sangat mencintai hewan peliharaan (anjing & kucing) and then aku memakan daging hewan seperti sapi etc. Aku mulai brpikir bahwa hewan-hewan ini sebenarnya punya feeling maupun instinct yang sama and then ketika dibunuh pun mereka akan merasa kesakitan yang sama misalnya disembelih. apakah ini bukan pilih kasih? Atau perlakuan adil?.

Hingga akhirnya aku memutuskan untuk benar-benar berhenti mengkonsumsi dairy product hewani karena aku percaya bhwa hewan hanya ingin punya kehidupan nggak sebatas umur yang hanya ditentukan oleh manusia.
Mungkin hal semacam ini dianggap naif dari sebagian orang tapi lebih baik tidak menyakiti dan membunuh kan ?😊

Komentar

Posting Komentar